Senin, 05 April 2010

RINGKASAN MATERI DEPRISIASI DAN PAJAK PENDAPATAN

RINGKASAN MATERI DEPRISIASI DAN PAJAK PENDAPATAN
Depresiasi adalah penurunan dalam nilai fisik Negara yang seiring dengan waktu dan penggunaannya. Dalam konsep akuntansi, depresiasi adalah pemotongan tahunan terhadap pendapatan sebelum pajak sehingga pengaruh waktu dan penggunaan atas nilai egar dapat terwakili dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Depresiasi adalah biaya non-kas yang berpengaruh terhadap pajak pendapatan.
Properti yang dapat didepresiasi harus memenuhi ketentuan berikut:
1. Harus digunakan dalam usaha atau dipertahankan untuk menghasilkan pendapatan.
2. Harus mempunyai umur manfaat tertentu, dan umurnya harus lebih lama dari setahun.
3. Merupakan sesuatu yang digunakan sampai habis, mengalami peluruhan/ kehancuran, usang, atau mengalami pengurangan nilai dari nilai asalnya.
4. Bukan inventaris, persediaan atau stok penjualan, atau Negara yang investasi.
Properti yang dapat didepresiasi dikelompokkan menjadi:
- nyata (tangible): dapat dilihat atau dipegang. Terdiri dari egara y personal (personal property) seperti : mesin-mesin, kendaraan, peralatan, egara y dan item-item yang sejenis; dan egara y riil (real property) seperti tanah dan segala sesuatu yang dikeluarkan dari atau tumbuh atau berdiri di atas tanah tersebut
- tidak nyata (intangible). Properti personal seperti hak cipta, paten atau franchise.
Definisi-Definisi
Basis, atau basis harga: biaya awal untuk mendapatkan egar (harga beli ditambah pajak), termasuk biaya transportasi dan biaya lain sampai egar tersebut dapat digunakan sesuai fungsinya.
Basis (harga) yang disesuaikan: harga awal egar disesuaikan dengan kenaikan atau penurunan yang diperkenankan. Misal: biaya perbaikan egar dengan umur manfaat lebih dari setahun meningkatkan basis harga awal, dan kecelakanna atau kecurian menurunkan harga awal.
Nilai (harga) buku: nilai egara y ( egar) sesuai dengan laporan akuntansi, yang mewakili jumlah modal yang masih diinvestasikan pada egar tersebut. Sama dengan harga awal (termasuk segala penyesuaian) dikurangi dengan pengurangan karena depresiasi. Nilai buku suatu egar pada akhir tahun ke-k dirumuskan dengan:
K
(Nilai buku) k= basis harga yang disesuaika n – Σ (penguranga n depresiasi)
j=1
Harga pasar: nilai yang dibayar seorang pembeli kepada penjual egar dimana masing-masing mendapatkan keuntungan dan bertindak tanpa paksaan.
METODA–METODA DEPRESIASI
Tapi sebelumnya anda harus mengetahui terlebihdahulu arti dari harga perolehan, nlai residu, dan masa manfaat. Harga perolehan adalah semua biaya yang dikeluarkan selama 1 kali untuk membeli suatu peralatan. Nilai residu adalah taksiran nilai tunai aktiva pada akhir masa manfaat aktiva tsb. Sedangkan masa manfaat adalah jangka waktu pemakaian aktiva yang diharapkan oleh perusahaan.
Metode Perhitungan Depresiasi
Secara umum, metode perhitungan depresiasi dibagi dua, yaitu:
1. Metode klasik, terdiri dari:
a. Metode garis lurus (straight-line, SL)
b. Metode declining balance (DB)
c. Metode sum-of-the-years-digits (SYD)
2. Sistem perolehan biaya dipercepat termodifikasi (Modified Accelerated Cost Recovery System, MACRS)
Metode Garis Lurus
Metode ini mengasumsikan bahwa egar terdepresiasi secara konstan setiap tahunnya selama umur manfaatnya.
Dk=( B−SVN )
N
dk* = k dk untuk 1 ≤ k ≤ N
BVk = B − dk*
dimana:
N = umur manfaat
B = basis harga, termasuk penyesuaian
dk = pengurangan depresiasi pada tahun ke k (1 ≤ k ≤ N)
BVk = nilai buku pada akhir tahun ke k
SVN = perkiraan nilai sisa pada akhir tahun ke N
d*k = depresiasi kumulatif selama tahun ke k
Metode Declining Balance
Metode ini sering disebut metode presentase tetap atau Rumus Matheson. Diasumsikan bahwa depresiasi biaya tahunan merupakan presentase tetap dari nilai buku dari akhir tahun (BV) pada permulaan tahun yang baru. Rasio depresiasi dalam setiap satu tahun terhadap BV pada permulaan tahun adalah tetap di seluruh umur egar dan ditandai dengan R ( 0 ≤ R ≤ 1 ). Dalam metode ini R = 2/N saat dipakai keseimbangan menurun 200% dan N = umur depresiasi egar. Berikut ini adalah relasi yang tepat untuk metode keseimbangan menurun:
d1 = B®
dk = B(1-R)k-1®
dk = B[1- (1-R)k]
BVk = B(1-R)k
BVN = B(1-R)N
Metode Sum-of-the-Years-Digits (SYD)
Untuk menghitung deduksi depresiasi dengan metode ini, angka-angka yang berkaitan dengan angka untuk setiap umur tahun yang diizinkan berada dalam urutan pertama dalam urutan yang terbalik. Lalu, jumlah dari angka-angka itu ditentukan.Faktor depresiasi untuk setiap tahun merupakan angka dari daftar urutan terbalik untuk tahun tersebut dibagi dengan jumlah angkanya.
Metode produksi-unit
Semua metode depresiasi yang dibahas di sini berdasarkan pada waktu yang sudah lewat, yang mana teori tersebut menyatakan bahwa nilai barang yang menurun sebagian besar adalah fungsi dari waktu. Jika penurunan nilai kebanyakan karena fungsi pemakaian, depresiasi berdasarkan metodenya mungkin tidak terefleksi dalam bentuk tahun. Metode produkis-unit biasa dipakai dalam kasus seperti ini.
Arti dari pajak pendapatan
Pajak pendapatan dinilai sebagai suatu fungsi dari pendapatan kotor dikurangi dengan deduksi yang diizinkan. Hal itu dilakukan oleh ederal, kebanyakan egara bagian, dan terkadang oleh pemerintah kotamadya. Pajak pendapatan biasanya merupakan jenis pajak yang paling signifikan untuk dipakai dalam analisis ekonomi teknik.
Pajak pendapatan adalah, pajak yang di kalkulasikan selama satu tahun dari tanggal 1 Januari sampai 31 Desember dan anda harus membayar pajak tersebut,dan surat pajak pendapatan tersebut dikeluarkannya dari tanggal 16 Februari sampai 15 Maret.
Alasan mempertimbangkan pajak pendapatan dalam mengevaluasi proyek-proyek teknis: pajak pendapatan yang terkait dengan rencana proyek mewakili arus kas keluar utama yang harus dipertimbangkan dengan arus kas masuk dan keluar lainnya dalam mengkaji keuntungan ekonomi total dari proyek. Pajak pendapatan merupakan salah satu jenis pengeluaran dan penghematan pajak pendapatan identik dengan pengurangan pengeluaran (seperti penghematan dalam biaya perawatan)
Tingkat Pajak Pendapatan Perusahaan Efektif (Marginal)
Meskipun undang-undang dan regulasi pajak dari kebanyakan egara bagian dengan pajak pendapatan yang memiliki features dasar yang sama seperti undang-undang dan regulasi federal, terdapat variasi yang signifikan dalam tingkat pendapatan pajak. Pajak pendapatan egara bagian dalam kebanyakan kasus kurang dari pajak federal dan perkiraan dekatnya sering dari peringkat 6% sampai 12% dari pendapatan kena pajak. Tidak akan ada pembahasan secara rinci tentang pajak pendapatan egara bagian.
• Cara pembayaran pajak (laporan keputusan pembayaran pajak dan pajak terhadap sumber pendapatan)
Untuk orang yang mempunyai pekerjaan berdagang, diwajibkan untuk menghitung jumlah pendapatan dan biaya keperluan anggaran belanja dan lain sebagainya,kemudian menyerahkannya langsung ke lembaga perpajakan. Cara ini disebut (laporan keputusan pembayaran pajak). Dan kebalikannya pada orang yang berkerja di perkantoran atau disebut juga orang yang mendapatkan upah gaji dan bonus dari perusahaan,mereka ini tidak membuat laporan keputusan pembayaran pajak. Yang melakukannya adalah perusahaannya dengan cara pemotongan upah gaji perbulannya untuk pembayaran pajak pendapatan dan pembayarannya telah terurus. Cara ini disebut “ pajak terhadap sumber pendapatan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar